Biografi Christine Ladd Franklin

Christine Ladd Franklin adalah tokoh perempuan di bidang psikologi dan logika yang berasal dari Amerika Serikat pada zaman
19-20. Pada mulanya ia adalah ahli metematika, dan berganti ke bidang psikologi dengan karyanya  yaitu visi warna yang berdasarkan teori evolusi.

Baca juga : Biografi jean piaget (1896-1980)

Dia lahir pada tanggal 1 Desember 1847 dan tutup usia pada tahun 1930. Pada tahun 1869, dia belajar di New Vassar College. Pada tahun 1882 dia tertarik dalam bidang matematika dan menyelesaikan gelar doktornya di Universitas Johns Hopkins.

Pada waktu itu masih terjadi deskriminasi terhadap ilmuwan perempuan, sehingga gelarnya tidak terlalu diakui. Meskipun demikian, tahun 1887 dia mendapat gelar penghormatan dari New Vassar College. Saat usianya yang ke 44 dia mendapat pengakuan dengan acara resmi dari Universitas Johns Hopkins ketika para ahli perempuan sudah diakui.

Dia menikah dengan Profesor Ahli metematika, Fabian Franklin pada tahun 1882. Sementara suaminya tinggal di Jerman, dia pergi ke Amerika untuk belajar psikologi. Meskipun tahun 1891 dia tidak cukup diakui di universitas Jerman, namun dia bergabung di Georg E. Mullers laboratory untuk mengembangkan ilmunya. Tapi, dia sudah menerbitkan tentang pandangan tentang warna (color vision) pada tahun 1882. Jadi teori tentang warna sudah ia geluti sebelum pergi ke Amerika.

Baca juga : Biografi henry murray (1893-1988)

Pada prinsipnya, Teori warna yang diungkapkan adalah rasa dari warna satu yang merupakan perpaduan warna-warna yang lain. Hal ini tidak cukup diindentifikasi oleh para ahli sebelumnya. Dia memadukan bahwa ada enam kemungkinan sebuah warna adalah merupakan campuran dari warna-warnya lain yang berbeda itu.

Thun 1892, dia mempresentasikan teorinya tentang visi warna pada acara Kongres Internasional Psikologi Pengalaman di London. Dengan teorinya, dia mengajar di Universitas Columbia di Amerika dari tahun 1910 hingga tutup usia tahun 1930.

Referensi : arjuna.web.id

Baca juga :

Popular posts from this blog

Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Psikologi Industri dan Organisasi

Biografi Albert Bandura

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli