Biografi Albert Bandura
Albert Bandura lahir tanggal 4 Desember 1925,di sebuah kota kecil Mundare bagian selatan Alberta, Kanada. Dia bersekolah ditingkat dasar dan menengah yang sederhana, namun dengan hasil rata-rata yang memuaskan. Setelah selesai SMA, dia bekerja pada perusahaan penggalian jalan raya Alaska Highway di Yukon.
urbandepan.blogspot.co.id |
Dia memperoleh gelar sarjana muda di bidang psikologi di University of British of Columbia tahun 1949. Kemudian dia melanjutkan ke University of Iowa, tempat di mana dia meraih gelar Ph.D tahun 1952. Baru setelah itu dia menjadi sangat berpengaruh dalam tradisi behavioris dan teori pembelajaran.
Baca juga: Pengertian Kepribadian (Personality)
Waktu di University of Lowa, dia bertemu dengan Virginia Varns, seorang instruktur sekolah perawat. Mereka kemudian menikah dan dikaruniai dua orang anak. Setelah lulus, dia meneruskan pendidikannya ke tingkat post-doktoral di Wichita Guidance Center di Wichita, Kansas.
Tahun 1953, dia mengajar di Standford University. Di sini, dia kemudian bekerja sama dengan salah seorang anak didiknya, Richard Walters. Buku pertama hasil kerja sama mereka berjudul Adolescent Aggression yang terbit tahun 1959. Sayangnya, Walters meninggal diusia yang masih muda karena kecelakaan.
Baca juga : Teori Valence Instrumentality (VIE) oleh Victor Vroom 1964
Bandura menjadi presiden APA tahun 1973, dan menerima APA Award atas jasanya dalam Distinguished Scientific Contributions tahun 1980.
Bandura telah meneliti beberapa kasus, diantaranya ialah kenakalan remaja. Menurutnya, lingkungan memang membentuk perilaku dan perilaku membentuk lingkungan. Oleh Bandura, konsep ini disebut determinisme resiprokal yaitu proses dimana dunia dan perilaku seseorang saling mempengaruhi. Lanjutnya, ia melihat bahwa kepribadian merupakan hasil dari interaksi tiga hal yakni lingkungan, perilaku, dan proses psikologi seseorang. Proses psikologis ini berisi kemampuan untuk menyelaraskan berbagai citra (images) dalam pikiran dan bahasa.
Dalam teorinya, Bandura menekankan dua hal penting yang sangat mempengaruhi perilaku manusia yaitu pembelajaran observasional (modeling) yang lebih dikenal dengan teori pembelajaran sosial dan regulasi diri. Beberapa tahapan yang terjadi dalam proses modeling.