Pengertian Kepribadian (Personality)

Personality sebuah kata yang berasal dari bahasa latin yaitu persona yang mempunyai arti topeng atau kedok, yaitu tutup muka yang sering digunakan oleh pemain panggung, yang dimaksudkan untuk menggambarkan watak, perilaku atau peribadi seseorang. Sedangkan bangsa Roma, persona adalah bagaimana seseorang tampak pada orang lain.

Baca juga : Hubungan Psikologi dengan Berbagai Ilmu

Menurut, Agus sujanto dkk (2004), kepribadian merupakan suatu totalitas psikofisis yang kompleks dari individu, sehingga nampak dalam tingkah lakunya yang unik.

Kartini kartono dan Dali gulo dalam Sharkawim (2006), personality adalah sifat dan tingkah laku khas seseorang yang membedakannya dengan orang lain; integrasi karakteristik dari struktur-struktur, pola [ingkah laku, minat, pendirian, kemampuan dan potensi yang dimiliki seseroang; segala sesuatu mengenai diri seseorang sebagaimana diketahui oleh orang lain.

Baca juga : Biografi Albert Bandura

Allport, memberikan definisi tentang personality sebagai susunan sistem psikofisik yang dinamis dalam diri individu, yang menentukan penyesuaian yang unik terhadap lingkungan. sistem psikofisik yang dimaksud allport disini meliputi kebiasaan, sikap, nilai, keyakinan, keadaan emosional, perasaan dan motif yang bersifat psikologis tetapi mempunyai dasar fisik dalam kelenjar, saraf, dan keadaan fisik anak secara umum.

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa kepribadian merupakan susunan sistem psikofisik yang kompleks dan dinamis dalam diri individu, yang menentukan penyesuaian diri individu tersebut terhadap lingkungannya, sehingga akan tampak dalam tingkah lakunya yang unik dan berbeda dengan orang lain.

Baca juga :

Popular posts from this blog

Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Psikologi Industri dan Organisasi

Biografi Albert Bandura

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli