10 Cara Mengurangi Sampah Plastik

Mengurangi sampah plastik dapat menjadi langkah penting dalam menjaga lingkungan. Berikut adalah 10 cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi penggunaan dan produksi sampah plastik.


Pertama, gunakan kantong belanjaan yang terbuat dari bahan ramah lingkungan seperti kanvas atau kain. Dengan menggunakan kantong belanjaan reusable, kita dapat menghindari penggunaan kantong plastik sekali pakai.


Baca juga : Biografi Jean Piaget (1896 – 1980)


Kedua, hindari menggunakan botol plastik sekali pakai. Gunakan botol minum reusable dari bahan stainless steel atau kaca. Selain lebih ramah lingkungan, ini juga dapat menghemat uang.


Ketiga, hindari menggunakan sedotan plastik. Sedotan stainless steel atau bambu dapat menjadi alternatif yang lebih baik dan dapat digunakan berulang kali.


Keempat, pilihlah produk dengan packaging minimal atau tanpa kemasan plastik. Selalu periksa produk sebelum membeli untuk memastikan bahwa mereka tidak menggunakan plastik berlebih.


Kelima, gunakan wadah makanan reusable untuk membawa makanan dari rumah. Ini akan membantu mengurangi penggunaan kemasan makanan sekali pakai atau plastik aluminium.


Keenam, gunakan barang-barang yang dapat digunakan kembali. Contohnya adalah menggunakan tumbler stainless steel untuk minuman yang dapat diisi ulang.


Baca juga : Biografi Max Wertheimer (1880 – 1943)


Ketujuh, bawa tas makanan sendiri saat makan di luar. Hal ini akan membantu mengurangi penggunaan kemasan makanan plastik yang hanya digunakan sekali.


Kedelapan, beli produk yang bisa di daur ulang dan pendaur ulangan. Ini dapat membantu mengurangi penumpukan sampah-sampah plastik di tempat pembuangan akhir.


Kesembilan, berpartisipasilah dalam kampanye daur ulang komunitas. Tempatkan kotak daur ulang di rumah dan kantor untuk mengumpulkan sampah plastik dan memastikan bahwa mereka didaur ulang dengan benar.


Terakhir, edukasi diri dan orang-orang di sekitar tentang pentingnya mengurangi sampah plastik. Berbagi informasi dan mempromosikan praktik ramah lingkungan akan mendorong perubahan positif yang lebih besar dalam masyarakat.


Baca juga :

Popular posts from this blog

Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Psikologi Industri dan Organisasi

Biografi Albert Bandura

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli