Pendekatan Secara Pribadi Dalam Mengelola Stress

Bagaimana cara mengelola dan mengatasi stress? Pada dasarnya orang akan berusaha menghindari dan membiarkan situasi, kondisi dan peristiwa yang penuh dengan tekanan. Tapi, ada juga orang yang akan berusaha untuk mengelola, mengubah, dan mengatasi secara tepat dan efektif. Dalam hal pendekatan pribadi terdapat dua strategi.

1. Strategi psikologis
Strategi ini menekankan pada usaha mengelola stress kerja untuk mengubah perilaku, yang meliputi:

Baca juga: Prestasi Kerja

a. Peningkatan kesadaran diri
Memahami gejala munculnya ketegangan yang lebih dini secara wajar merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran diri dalam memahami stress kerja. Kesadaran ini mempunyai tujuan untuk membantu menjernihkan pikiran seseorang supaya bisa mengendalikan emosi dan menghindari beban psikis dan stress kerja yang bersumber dari kondisi,, situasi, atau peristiwa dalam pekerjaannya.

b. Pengurangan ketegangan
Strategi yang digunakan untuk mengurangi ketegangan salah satunya mencari tempat yang tenang untuk melakukan meditasi, menempatkan posisi tubuh dengan nyaman dan rileks, menerjemahkan mata dan melepaskan ketegangan otot-otot dengan mendengarkan pernapasan kita secara teratur kurang lebih 15 sampai 20 menit. Kegiatan ini mempunyai tujuan menghilangkan perasaan-perasaan yang menegangkan yang ditimbulkan oleh sekumpulan otot yang mengalami ketegangan.

c. Konseling dan psikoterapi
Usaha konseling dan psikoterapi ialah menemukan masalah dan sumber-sumber ketegangan yang bisa menimbulkan stress kerja.

Baca juga: Konflik Dalam Organisasi (Organization Conflict)

2. Strategi fisiologis
Strategi ini menitikberatkan pada usaha untuk mengelola stress kerja yang bertujuan melatih kesehatan fisik. Ilmu-ilmu medis menunjukan bahwa perubahan fisiologis dan biokimia yang dihasilkan melalui fisik/olahraga yang berperan positif untuk mengurangi pengaruh stress kerja dengan melakukan latihan fisik, emosi dan pikiran yang mencemaskan, menggelisahkan, mudah marah dan depresi. Jenis latihan fisik ini diantaranya mengatur makan, serta berbagai jenis olahraga.

Baca juga :

Popular posts from this blog

Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Psikologi Industri dan Organisasi

Biografi Albert Bandura

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli