Konflik Dalam Organisasi (Organization Conflict)

Konflik dalam organisasi muncul karena adanya kemungkinan diantaranya situasi yang tidak sesuai dalam mencapai tujuan, munculnya ketidakpastian dalam status pekerjaan serta perbedaan persepsi.

Jenis-jenis konflik organisasi
a. Konflik hierarki (hierarchical conflict)
Konflik hierarki muncul karena ada benturan di hierarki struktural. Semakin kompleks hierarki struktural ini maka semakin sering terjadinya konflik diantara para pejabat struktur organisasi. Para pejabat struktural ini diantaranya direktur, manajer, kepala bagian, kepala divisi, dan karyawan lainnya. Pejabat yang sering mendapat tekanan baik dari kolega, atasan maupun bawahan ialah jabatan ditingkat jabatan madya (kepala bagian, kepala divisi, supervisor dan kepala departemen).


b. Konflik fungsional dan disfungsional (functional dan disfunctional conflict)
Konflik fungsional ialah konfrontasi antara kelompok yang berharap keuntungan dan perningkatan prestasi organisasi. Konflik fungsional dapat diarahkan untuk menambah perubahan adanya kesadaran terhadap masalah atau kebutuhan yang ditunjukan, perolehan yang luas dan produktif mengkaji untuk solusi dan memfasilitasi perubahan. Konflik disfungsional adalah berbagai konfrontasi atau interaksi antara kelompok yang merugikan tercapainya suatu tujuan organisasi. Dalam konflik disfungsional ini diharuskan pihak manajemen membatasi terjadinya konflik ini.

Baca juga : Pengertian Kepribadian (Personality)

c. Konflik staf-lini (line-staff conflict)
Hubungan antara garis wewenang dan tanggung jawab yang tumpang tindih dan tidak jelas dapat mengakibatkan terjadinya konflik staf lini.

d. Konflik kelompok formal dan kelompok informal (formal-nonformal conflict)
Konflik ini muncul ketika kelompok formal dan kelompok informal mempunyai perbedaan kepentingan dalam mencapai tujuan.


Sebab-sebab munculnya konflik

Penyebab munculnya konflik dalam organisasi terdapat empat macam munculnya konflik, diantaranya:

a. Situasi-situasi yang tidak sesuai
Dalam suatu situasi-situasi tertentu yang kurang menguntung sampai tidak sesuai dengan tujuan organisasi ialah salah satu penyebab timbulnya konflik dalam organisasi.

b. Rencana kegiatan atau alokasi waktu yang tidak sesuai
Konflik ini muncul akibat adanya rencana kegiatan atau alokasi waktu yang tidak sesuai untuk mencapai tujuan dalam organisasi.

c. Masalah status pekerjaan yang tidak pasti
Bagi seorang karyawan suatu status pekerjaan sangat berpengaruh, karena ketidakpastian dalam status pekerjaan akan memicu suatu konflik dalam organisasi.

d. Perbedaan persepsi
Perbedaan persepsi yang sering muncul dapat memicu munculnya konflik dalam organisasi. Ketika terjadinya perbedaan persepsi dalam memandang subjek dan objek, akan menyebabkan timbulnya konflik.

Baca juga : 

Popular posts from this blog

Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Psikologi Industri dan Organisasi

Biografi Albert Bandura

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli