Metode-Metode Dalam Psikologi



Metode paling tua yang digunakan  dalam psikologi adalah Spekulasi. Akibat perkembangan ilmu pada umumnya dan psikologi pada khususnya maka metode ini ditinggalkan dan dirintislah metode baru yang didasarkan atas pengalaman-pengalaman (Empiris).

Baca juga : Jenis dan fungsi neuron

Pada dasarnya metode penelitian dibedakan menjadi 2 bagian  besar yaitu Metode Longitudinal dan Metode Crossectional.

a. Metode Longitudinal
Metode longitudinal ialah metode penelitian yang membutuhkan waktu  yang relatif lama untuk mencapai hasil penelitian. Metode penelitian ini dilakukan berhari-hari, berbulan-bulan bahkan mungkin sampai bertahun-tahun. Apabila dilihat dari segi perjalanan penelitian longitudinal adalah penelitian vertikal.

b.  Metode Cross-sectional
Metode Cross-sectional ialah metode penelitian yang tidak membutuhkan waktu terlalu lama didalam melakukan penelitian. Waktu yang dibutuhkan relatif singkat dapat disimpulkan bahan yang banyak. Apabika dilihat dari jalannya metode ini adalah penelitian horisontal.

Untuk lebih terperinci dapat di kemukakan metode-metode yang digunakan dalam lapangan psikologi sebagai berikut:

1) Metode Introspeksi
Metode introspeksi adalah melihat kedalam (intro = kedalam dan speksi 'spectare' =melihat). Metode ini merupakan metode penelitian dengan melihat peristiwa-peristiwa kedalam dirinya sendiri.

Baca juga : Pengertian dan bagian-bagian neuron

2) Metode Introspeksi eksperimental
Metode ini merupakan metode penggabungan dari introspeksi dengan eksperimen. Dengan jalan eksperimen, maka sifat subjektivitas dari metode introspeksi akan dapat diatasi. Pada metode introspeksi murni hanya dari penelitian yang menjadi objek. Akan tetapi, metode introspeksi eksperimental jumlah subjek banyak, yaitu orang orang yang dieksperimentasi.

3) Metode Ekstropeksi
Artinya Melihat Keluar. Metode ekstropeksi dimaksudkan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang ada pada metode introspeksi. Pada metode ekstropeksi subjek penelitian bukan dirinya sendiri tetapi orang lain. Dengan demikian diharapkan adanya sifat yang objektif dalam penelitian.

4) Metode Kuesioner
Kuesioner disebut juga dengan angket merupakan metode penelitian dengan menggunakan daftar pertanyaan atau pernyataan yang dijawab atau dikerjakan oleh orang yang menjadi subjek dari penelitian.

5) Metode Interview
Interview merupakan suatu metode penelitian dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan secara lisan.

6) Metode Biografi
Biogradi merupakan suatu metode tulisan tentang kehidupan seseorang yang merupakan riwayat hidup. Dalam biografi, orang menguraikan tentang keadaan, sikap ataupun sifat lain mengenai orang yang bersangkutan.

Baca juga : Teori perkembangan psikoseksual freud

7) Metode Analisis Karya
Merupakan metode penelitian dengan menganalisa hasil karya.

8 ) Metode Klinis
Metode ini muncul dalam lapangan klinik untuk mempelajari keadaan orang orang yang jiwanya terganggu (abnormal)

9) Metode Testing
Merupakan metode penelitian dengan menggunakan soal-soal, pertanyaan-pertanyaan, atau tugas lain yang telah distandarisasikan.

10) Metode Statistik
Metode ini digunakan untuk mengadakan penganalisaan terhadap materi atau data yang telah dikumpulkan dalam suatu penelitian.

Baca juga :

Popular posts from this blog

Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Psikologi Industri dan Organisasi

Biografi Albert Bandura

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli