Biografi Sigmund Freud

Sigmund Freud dilahirkan pada tahun 1856, di sebuah kota bernama Freiberg, Cekoslovakia. Ketika, beliau berumur empat tahun, keluarganya pindah ke kota Wina dan Freud menghabiskan banyak waktunya disana.
BiografiKu.com
Pada tahun 1881, Freud meraih gelar sarjana kedokteran di Universitas Wina. selama sepuluh tahun berikutnya dia melakukan penelitian yang mendalam dibidang psikologi, membentuk klinik psikiatri, praktek pribadi dibidang neurologi,  bekerja diparis bersama neurolog Perancis yaitu Jean Charcot dan juga bersama dokter Josef Breuer berkebangsaan Wina.

Pada tahun 1895, Freud menerbitkan buku pertamanya tentang penyelidikan tentang histeria, yang bekerjasamaa dengan Breur. buku berikutnya yang terbit ialah tafsir mimpi tahun 1900. Buku tafsir mimpi ini merupakan karya paling orisinil Freud, akan tetapi diawal penjualannya begitu lambat.

Pada tahun 1902, dia mengorganisir kelompok diskusi masalah psikologi di Wina. salah satu orang pertama yang menggabungkan diri adalah Alfred Adler, dan beberapa tahun kemudian disusul oleh Carl Yung. Kedua orang ini, akhirnya menjadi orang yang ahli dibidang psikologi lewat upayanya sendiri.

Baca juga : Biografi Albert Bandura

Freud menikah dan dikaruniai enam orang anak. pada akhir masa hidupnya dia terjangkit kanker pada tulang rahannya. Sejak tahun 1923 dan selanjutnya dia mengalami pembedahan lebih dari tiga puluh kali dalam usahanya pemulihan kondisi fisiknya. Meskipun begitu, dia tetap menemukan kerja dan beberapa karya penting. Tahun 1938, Nazi menduduki Austria dan Freud yang berusia 82 tahun dan keturunan Yahudi dipaksa untuk pergi ke London dan meninggal dunia disana setelah kepindahannya.

Sumbangsih Freud dibidang psikologi begitu luas, sehingga tidak gampang untuk menyingkatnya. Dia menekankan arti penting dalam proses bawah sadar sikap manusia. Dia tunjukan betapa proses itu mempengaruhi isi mimpi dan menyebabkan omongan-omongan yang meleset atau salah sebut, lupa terhadap nama-nama serta menyebabkan penderitaan atas buatan sendiri dan penyakit.

Baca juga : Abraham Harold Maslow

Freud mengembangkan teknik psikoanalisa sebagai metode penyembuhan penyakit kejiwaan dan dia merumuskan teori struktur pribadi manusia dan mengembangkan atau mempopulerkan teori psikologi yang bersangkutan dengan rasa cemas, mekanisme mempertahankan diri, ihwal pengkhitanan, rasa tertekan, sublimasi dan banyak lagi lainnya.

Freud paling terkenal dalam pengusulan gagasan gairah seksual yang tertekan sering menjadi penyebab penting dalam hal penyakit jiwa atau neurosis. Dia juga menunjukan bahwa gairah seksual dan nafsu seksual bermula pada masa kanak-kanak dan bukan pada masa dewasa

Dia merupakan penggagas serta penggali, dengan bakat dan kecerdasan yang luar biasa menghasilkan berbagai gagasan. Teori-teori Freud tak pernah berhasil memperoleh kesepakatan dari masyarakat ilmuwan dan teramat sulit mengatakan bahwa bagian mana dari gagasannya yang akhirnya dapat dianggap sebagai suatu kebenaran.

Pendapat- pendapat dibidang psikologi sepenuhnya telah merevolusionerkan konsepsi tentang pikiran manusia dan banyak gagasan serta istilah-istilah yang telah digunakan secara umum dikalangan masyarakat seperti ego, superego, kecenderungan hasrat mau mati, oedipus complex dan sebagainya.

Freud bukanlah psikolog pertama, dan dalam jangka panjang mungkin tidak akan dianggap orang yang gagasanya sebagian besar mendekati kebenaran. Dia tokoh yang paling berpengaruh dan paling penting dalam perkembangan teori psikologi modern dan pandangan-pandangannya yang mempunyai arti sangat besar dibidan psikologi. Dibidang psikologi, ia berhak untuk tercantum dalam urutan orang yang berpengaruh dalam seratus tokoh dalam sejarah.

Baca juga :

Popular posts from this blog

Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Psikologi Industri dan Organisasi

Biografi Albert Bandura

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli