Hubungan Psikologi Dengan Berbagai Ilmu

Hubungan antara psikologi dengan biologi
Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan. Baik psikologi maupun biologi mempunyai kesamaan yaitu membicarakan tentang manusia. Ada kesamaan yang dipelajari oleh kedua ilmu tersebut yaitu tentang keturunan. Keturunan ditinjau dari segi biologi adalah hal-hal yang berhubungan dengan aspek kehidupan yang turun temurun dari suatu generasi ke generasi lain, contohnya hukum Mendel. Keturunan yang dipelajari psikologi yaitu sifat, inteligensi, bakat. Ilmu biologi (antropobiologi maupun fisiologi) membantu dalam orang mempelajari psikologi.


altundo.com

Hubungan psikologi dengan sosiologi

Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan manusia, mempelajari manusia di dalam kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, psikologi dan sosiologi sama-sama membicarakan tentang manusia. Titik temu didalam meninjau manusia, contohnya tentang tingkah laku. Tinjauan sosiologi yang penting ialah hidup bermasyarakat, sedangkan tinjauan psikologi ialah bahwa tingkah laku sebagai manifestasi hidup kejiwaan, yang didorong oleh motif tertentu hingga manusia itu bertingkah laku.


Hubungan psikologi dengan Ilmu pengetahuan Alam
Dengan memisahkan diri dari keilmuan filsafat, ilmu pengetahuan alam mengalami  banyak kemajuan yang pesat hingga IPA mempengaruhi perkembangan ilmu-ilmu lainnya, termasuk psikologi. Metode yang ditempuh oleh Fechner yang dikenal dengan metode psikofisik, suatu metode yang tertua dalam lapangan psikologi eksperimental, banyak dipengaruhi oleh ilmu pengetahuan alam. Ini merupakan suatu kenyataan karena pengaruh ilmu pengetahuan alam, psikologi dapat diakui sebagai suatu ilmu yang berdiri sendiri terlepas dari filsafat, walaupun akhirnya ternyata bahwa metode ilmu pengetahuan alam kurang digunakan seluruhnya terhadap psikologi, dikarenakan perbedaan dalam obyeknya. Ilmu pengetahuan alam berobyekkan benda-benda mati, sedangkan psikologi berobyekkan manusia yang hidup.

Hubungan psikologi dengan filsafat
Sekalipun psikologi pada akhirnya memisahkan diri dari filsafat, karena metode yang ditempuh sebagai salah satu sebabnya, tetapi psikologi masih tetap mempunyai hubungan dengan filsafat. Bahkan sebetulnya dapat dikemukakan bahwa ilmu-ilmu yang telah memisahkan diri dari filsafat itupun tetap masih ada hubungan dengan filsafat terutama mengenai hal-hal yang menyangkut sifat hakiki serta tujuan dari ilmu pengetahuan itu.

Hubungan psikologi dengan Ilmu Pendidikan
Pedagogiek sebagai ilmu yang bertujuan memberikan bimbingan hidup manusia sejak lahir sampai mati tidak akan sukses, bilamana tidak mendasarkan diri kepada psikologi, yang tugasnya memang menunjukkan perkembangan hidup manusia sepanjang masa, bahkan ciri dan wataknya serta kepribadiannya ditunjukkan oleh psikologi. Dengan demikian, paedagogiek baru akan tepat mengenai sasaran, apabila dapat memahami langkah-langkahnya sesuai dengan petunjuk-petunjuk psikologi.

Popular posts from this blog

Teori Hierarki Kebutuhan Maslow dalam Psikologi Industri dan Organisasi

Biografi Albert Bandura

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli